Sabtu, 14 November 2009

Dasar-Dasar Istilah Dalam JAVA


mau bagi bagi pengetahuan...(Khusus untuk mereka mereka yang baru mengenal JAVA termasuk Ane...)
Ni beberapa istilah Dalam JAVA, antara lain:








1.Desain Berorientasi Object

Adalah:Sebuah teknik yang memfokuskan desain pada object dan class berdasarkan pada scenario dunia nyata.Hal ini menegaskan keadaan (State),behavior dan interaksi dari object.Selain itu juga menyediakankan manfaat akan kebebasan pengembangan,meningkatakan lualitas,mempermudah pemeliharaan,mempertinggi kaemamapuan dalam modifikasi dan menigkatkan penggunaan kembali software.
2.Class
Class mengizinkan anda dalam mendeklarasikan tipe data baru.ia dijalankan sebagai blueprint,dimana model dari object yang anda buat bedasarkan pada tipe data baru ini.

3.Object
Sebuah object adalah sebuah entity yang memiliki keadaan,behavior dan identitas yang tugasnya dirumuskan dalam suatu lingkup masalah dengan baik.inilah instance sebenarnya dari sebuah class.ini juga dikenal sebagai instance.instance dibuat sewaktu anda meng-instantiate class menggunkan kata kunci new.dalam system registrasi siswa,contoh dari sebuah object yaitu entity student.

4.Atribut.
Atribut menunjukan pada elemen data dari sebuah object.atribut menyimpan informasi tentang object.dikenal juga sebagai member data,variable instance,property atau sebuah field data.kambali lagi ke contoh system registrasi siswa,atribut dari sebuah siswa adalah nomor siswa.

5.Method
Sebuah method menjelaskan behavior dari sebuah object.method juga dikenal sebagai fungsi atau prosedur.sebagai contoh method yang mungkin tersedia untuk entri siswa adalah method register.
6.konstruktor.
Konstruktor adalah sebuah tipe khusus dari method yang digunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah object baru.ingat bahwa konstruktor bukan member(Yaitu atribut,method atau inner class dari sebuah object).
7.Package
Pakcage menunjukan pada pengelompokan class/atau subpackages.Struktur dapat disamakan dengan direktorinya.

8.Enkapsulasi.
Enkapsulasi menunjukan pada prinsip dari menyembunyikan desain atau mengimplementsikan informasi yang tidak sesuai pada object yang ada.

9.Abstraksi
Sementara Enkapsulasi menyembunyikan detail,abstraksi mengabaikan aspek dari subyek yang tidak sesuai dengan tujuan yang ada supaya lebih banyak mengkonsentrasikan yang ada.

10.Pewarisan
Pewarisan adalah hubungan antara class dimana dalam suatu class ada superclass atau class induk dari class yang lain.Pewarisan menunjukan pada property dan behavior yang diterima dari nenek moyang dari class.ini dikenal juga sebagai hubungan “is-a”.

11.Polimorfisme
Polimorfisme adalah kemapuan dari sebuah object untuk membolehkan mengambil beberapa bentuk yang berbeda.Secara harfiah,”poli” berarti banyak sementara “Morph” berarti bentuk.Menunjukan pada contoh sebelumnya pada pewarisan,kita lihat bahwa object SuperHero dapat juga menjadi object FlyingSuperHero atau object UnderWaterSuperHero.

12.Interface
Sebuah interface adalah sebuah contract dalam bentuk kumpulan method dan deklarasi konstanta.Ketika sebuah class implementasi sebuah interface,ini mengimplementasikan semua method yang dideklarasikan dalam interface.

untuk membuat sebuah aplikasi yang berbasis JAVA kita harus menginstall Enginenya dulu...Yaitu JDK(Java Development Kit)...Anda Bisa Mendownloadnya di situs ya.........aku lupa nich...
cari aja di google...ketikkan "Download JDK" nanti pokoknya ngelink ke Sun microsystem...deh pokoknya kalau mau belajar pasti ketemu JDK nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar